Skip to main content

Mengapa Hadist Membunuh Cicak Mendapatkan Pahala ?

 Ada yang menanyakan mengapa mengapa membunuh cicak kita akan mendapatkan pahala, bukankah kita seharusnya saling mengasihi antara mahluk ciptaan Allah SWT. Seolah bertentangan dengan perintah untuk saling menjaga mahluk ciptaan Allah SWT.

adapun hadist yang memerintahkan membunuh cicak adalah :


"Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan pahala baginya seratus kebaikan. Barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala kedua" (HR Muslim)

Sebelum kita masuk ke pembahasan tersebut kita bahas dulu mengenai makhluk/binatang ciptaan Allah. Setiap binatang ciptaan Allah itu terdiri dari tiga hal :

1. Ujian kemaslahatan 
jadi mahluk itu diciptakan agar kita mengambil dari maslahat kebaikannya, seperti saat Allah menciptakan lebah, kita mengambil kebaikannnya berupa madunya sebagai pengobatan, sengatnya sebagai terapi dan sebagainya.

2. Ujian kemudharatan
penciptaan mahluk tersebut supaya kita mengetahui bahwa ada keburukan yang harus kita hindari. contohnya penciptaan nyamuk, kecoa dll. ia dihadirkan untuk memberi kita peringatan bahwa ada keburukan jika hadirnya nyamuk disekitar kita, ini menunjukkan bahwa ada lingkungan yang kurang terawat kebersihannya di tempat kita sehingga membawa penyakit. jadi perintahnya ini wajib dibasmi agar tidak memberikan keburukan lebih besar, jadi penciptaan nyamuk tersebut memang untuk memberikan tanda agar kita menjaga kebersihan. jadi sebenarnya datangnya nyamuk disekitar kita ini memberikan tanda bahwa ada keadaan kurang baik disekitar kita, memang itu tugas nyamuk, diciptakan untuk memberikan tanda melalui kejelekan namun sebenarnya ada kebaikan di dalamnya berupa perintah untuk segera menjaga kebersihan.

Itu juga yang mendasarkan bahwa bahwa cicak itu menghadirkan kemudharatan bagi kita, bahwa lingkungan cicak itu merupakan ligkungan yang kotor, karena makanan cicak juga berasal dari yang kotor yaitu nyamuk. ,belum lagi kotoran cicak yang dapat mengganggu dan mendatangkan penyakit.

Jadi membunuh cicak bukan hanya mendatangkan pahala, juga kita aka mendapatkan kebaikan dengan menjauhkan penyakit disekitar kita. Termasuk juga didalamnya mengusir jin, karena jin senang berada di tempat yang kotor.

Nabi juga menyebut cicak sebagai hewan fasik kecil karena pernah meniup-niup api yang sedang membakar Nabi Iberahim supaya semakin menyala

3. Ujian yang menunjukkan karakter
Contohnya adalah monyet, monyet diciptakan untuk menunjukkan karakter kaum yahudi. seperti dalam Al Quran 
penciptaan monyet tersebut menunjukkan karakter yang tidak baik agar dapat dipahami dengan mudah karena dapat dilihat secara langsung

Semakin yakinlah kita bahwa apa saja yang disampaikan melalui Al Quran dan Hadist selalu memiliki kebaikan di dalamnya walau diperlihatkan dalam bentuk keburukan tapi ada hikmah di dalamnya yang mengandung kebaikan. 
Gambar oleh torstensimon dari Pixabay
aplikasi : Al Quran Indonesia 
materi : kajian Ust Adi Hidayat

Comments

Popular posts from this blog

Lockdown, PSBB Berdasarkan Hadist

Wabah Covid-19 telah menyebar hampir diseluruh dunia, penyebarannya begitu cepat dan penaganannya membutuhkan kerjasama kepada seluruh masyarakat agar bencana ini akan segera berakhir dan tidak menjadi tambah besar dan berkepanjangan sehingga akan mengakibatkan kerugian yang semakin besar.
Tiap Negara memiliki kebijakan masing-masing dalam menghadapi covid-19 ini, karena memang tidak ada standart khusus mengenai penanganan wabah virus baru ini. Berikut ini beberapa kebijakan dari beberapa negara mengenai penanganan covid-19 :
Republik Ceko : langsung menerapkan lockdown saat jumlah kasus masih 200-an. erupakan negara yang pertama mewajibkan seluruh warganya untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Penerapan kebijakan ini bisa dibilang efektif karena Republik Ceko menjadi sedikit dari Negara di Eropa yang sukses menekan penyebaran covid-19
Kuwait : melarang penerbangan saat kasus mencapai 100. melarang warganya keluar rumah di atas jam 5 sore. jika ada imigran yang tertangkap maka ak…

Assalamualaikum Wr Wb

Alhamdulillah ini merupakan posting pertama, semoga bisa memberikan manfaat untuk umat. Di tenngah berkembangan dunia internet yang semakin luas. Semua kalangan bisa menikmati fasilitas internet seolah tanpa batas. tidak mengenal usia, pendidikan, kelas ekonomi, jenis kelamin dll
Pembuatan pintuislam ini dengan niatan untuk memberikam manfaat dan juga agar setiap tulisan akan terus memberikan kebaikan yang terus ada selama ada yang membacanya.
Semoga terus bisa konsisten untuk mengisi konten pada pintuislam ini dengan segala kekurangan dan keterbatasan ilmu dari penulis sendiri. Dan semoga ilmu kita semua terus bertambah mengenai pengetahuan terhadap Islam sebagai pilihan kita untuk mentaati Allah SWT.
Jika ada terdapat kesalahan dalam penyampaian maupun isi tulisan didalamnya ini merupakan murni kesalahan dari sang penulis sebagai hamba Allah yang penuh dengan kelalaian dan jauh dari kesempurnaan.
Mohon dukungannya berupak kritik dan saran untuk kemajuan kita bersama
foto : unsplash-…